12 Larangan yang Harus Dipatuhi Saat Berwisata ke Bali

884 views Leave a comment

Maukah anda tau ? Larangan yang Harus Dipatuhi Saat Berwisata ke BaliBerkunjung ke tempat baru manapun, sudah tentu kita harus menghormati tata cara dan aturan setempat ya guys, termasuk saat kamu dateng ke Bali. Tahu gak sih, ternyata ada juga beberapa larangan yang harus kamu patuhi saat kamu ke Pulau Dewata ini. Larangan apa sajakah itu?

  1. Melangkahi atau Menginjak Canang

Canag adalah sesajen yang setiap hari dipersembahkan oleh Umat Hindu di Bali sebagai tanda menghormati pencipta alam. Oleh karena itu, jangan menginjak atau melangkahinya ya guys? Kalau udah terlanjur, minta maaflah paling tidak di dalam hati.

  1. sembarangan masuk ke Tempat Suci

Di Bali pasti banyak tempat yang disucikan. Nah, kamu gak boleh sembarangan masuk ya terutama buat para wanita yang sedang haid. Kalo emang dilarang, lebih baik kamu jangan nyelonong masuk deh. lebih baik anda duduk bersanatai di mobil dengan jok yang empuk dan Ac yang dingin jikalao anda sewa mobil toyota hiace murah di Bali

  1. Membuat Ulah di Tempat Suci

Terkadang, ada pula tempat suci yang terbuka buat wisatawan. Meskipun begitu, jangan sesekali kamu nakal dan berulah di tempat suci tersebut. Bertutur kata dan bertindaklah yang sopan serta haram hukumnya untuk membuang sampah sembarangan.. hehehe.

  1. Menetap Tanpa Mendaftar

Kalo kamu ga punya KTP tapi pengen menetap cukup lama di Bali, kamu harus membuat KTP sementara atau dikenal juga dengan kipem supaya kamu ga terkena razia dan hukuman.

  1. Mengumpat Saat Upacara Adat Berlangsung

Kalo ada upacar adat, mungkin kamu akan kesal karena perjalanan kamu terganggu. Meskipun begitu, jangan sekali kali mengumpat ya guys dan jangan juga membunyikan klakson kamu dengan keras dan berulang. Kamu harus tetep menghormati masyarakat Bali yang sedang melakukan upacara adat.

  1. Memegang Kepala Warga Bali

Masyarakat Bali percaya bahwa kepala adalah bagian yang paling suci dari tubuh manusia. Karena itu, hindari memegang kepala orang Bali ya, termasuk anak anak. jangan pernah mengusap kepala mereka karena mereka menganggap itu tidak sopan.

  1. Kencing di Sembarang Tempat

Selain jorok, kencing di sembarang tempat juga gak boleh kamu lakukan karena banyak pohon yang dianggap sacral dan disembayangi di Bali.

  1. ketika Nyepi

Saat nyepi jangan lakukan hal hal seperti menyalakan lampu dan keluar dari hotel atau rumah kecuali jika ada keadaan mendadak seperti sakit dan melahirkan.

  1. Mengabaikan Rambu di Pantai

Di Pantai pasti ada rambu larangan kan? Jangan sok sokan dan mengabaikannya ya. Kalau perlu, tanyakan kepada guide setempat mengenai apa yang boleh dan gak boleh kamu lakuin di pantai itu.

  1. Jangan Memotret dengan Blitz saat Orang Bersembahyang

Yup, jangan menggunakan blitz saat kamu pengen motret warga Bali yang sedang bersembahyang ya. Hal itu gak sopan dan pasti akan mengganggu kekhusyukan mereka lho. ada bisa menggunakan blitz sepuasnya saat anda menikmati Paket Honeymoon murah di Bali  , hehehehe

  1. Memakai Pakaian yang Sopan saat Masuk Areal Pura

Kalo kamu ingin mengunjungi Pura Suci, kamu harus memakai pakaian yang sopan. Kalo emang kamu memakai pakaian yang kurang sopan, kamu bisa menutupinya dengan menggunakan sarung atau selendang.

  1. Jangan Menaruh Barang Barang Penting di Kendaraan atau Mobil

Alasan yang satu ini sih sebenarnya untuk keamanan aja yan guys. Karena di Bali banyak sekali orang yang datang, maka kamu harus hati hati sendiri dalam menjaga barang bawaan kamu. Kalo barang berharga kamu ilang, yang nyesel kamu juga kan?