4 Upacara Adat yang Unik di Bali

3903 views Leave a comment

Siapa bilang Bali hanya terkenal karena tempat-tempat wisatanya yang eksotis? Upacara adat yang unik pun mampu menarik wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata ini. Memang, banyak upacara yang biasa dilakukan masyarakat Bali yang tidak ada di daerah lain. Uniknya, mereka sangat taat dengan adat tersebut, sehingga tidak pernah meninggalkan budaya tersebut. Penasaran upacara adat apa sajakah itu? Simak uraian berikut ya.

 

  1. Ngaben

Ngaben merupakan upacara pembakaran orang yang sudah meninggal. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, orang yang mati harus disucikan dengan cara dibakar. Namun, sebelum dibakar, mayat diletakkan di dalam keranda dan ditandu banyak orang. Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin tinggi juga tandu yang dibuat. Tandu ini kemudian diarak di sepanjang jalan dengan diiringi musik menuju tempat pembakaran, sesekali diputar di perempatan jalan. Adat seperti ini sudah mereka lakukan sejak jaman nenek moyang dan dilestarikan secara turun-temurun.

 

  1. Mesangih, Metatah, Mepandes

Mesangih, metatah, mepandes yang merupakan salah satu upacara agama Hindu di Bali ini merupakan upacara potong gigi. Dalam upacara ini, seseorang harus mengikis 6 gigi bagian atasnya, terutama yang berbentuk taring. Masyarakat Bali percaya bahwa dengan mengikir keenam gigi tersebut, sifat buruk manusia (peserta mesangih) akan berkurang.

 

  1. Mesuryak

mesuryak

Tradisi unik lain yang dilestarikan masyarakat Bali adalah mesuryak, yaitu tradisi melempar uang ke atas. Biasanya, tradisi ini dilakukan 10 hari setelah hari raya Galungan atau saat hari raya Kuningan. Tradisi ini dilakukan untuk memberi persembahan kepada leluhur mereka yang oleh masyarakat Bali dipercaya turun pada hari raya Galungan dan naik kembali pada hari raya Kuningan.

 

Baca Juga :  Paket Honeymoon Bali Unik

 

 

 

  1. Melasti

 

Upacara ini dilakukan 3 hari sebelum hari raya Nyepi. Pada upacara ini, tubuh manusia, benda-benda sakral, dan produk alam dibersihkan dengan cara dihanyutkan untuk benda-benda, sedangkan pembersihan tubuh manusia dengan dipercikki air oleh para pemangku (pemimpin adat di Bali). Mereka percaya, dengan melakukan tradisi ini, kotoran yang melekat pada semua hal yang disucikan tadi menjadi hilang dan bersih lagi.

Apabila kamu sedang mencari  Paket Honeymoon Bali Unikyang murah silahkan hubungi kami. Kami akan membantu kamu untuk mendapatkan liburan yang berkesan selama di Bali.

 

 

Bagikanlah...