Hotline 081803893550
Informasi lebih lanjut?
Home » Travel Info » Sejarah Tentang Pura Uluwatu Bali Menurut Petikan Babad

Pura Uluwatu adalah sebuah pura yang terletak di ujung selatan Bali, Indonesia. Pura ini dikenal sebagai salah satu pura paling spektakuler di Bali karena letaknya yang berada di tebing karang tinggi, memberikan pemandangan laut yang mengagumkan. “Uluwatu” sendiri berasal dari kata dalam bahasa Bali yang bermakna “ujung batu”. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Rudra, yang diyakini sebagai dewa pemusnah dalam kepercayaan Hindu.

Uluwatu Bali

 

Sejarah Pura Uluwatu diperkirakan sudah ada sejak abad ke-10 Masehi. Konon, pura ini didirikan oleh seorang resi suci bernama Empu Kuturan, yang juga dikenal sebagai Dang Hyang Nirartha, seorang biksu Hindu yang berpengaruh dalam sejarah Bali. Dang Hyang Nirartha diyakini sebagai tokoh yang berperan penting dalam mengembangkan kepercayaan Hindu di pulau Bali.

Selama berabad-abad, Pura Uluwatu menjadi salah satu tempat suci bagi umat Hindu Bali dan menjadi tujuan ziarah spiritual. Setiap hari, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke pura ini untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dan pertunjukan tari Kecak yang terkenal di dalam kompleks pura.

 

Baca juga13 Tempat wisata sekitar Bedugul yang wao

Pura Uluwatu juga terkenal karena merupakan salah satu pura paling penting dalam enam pura utama di Bali, yang dikenal sebagai “Sad Kahyangan” atau “enam tempat suci utama” yang didirikan oleh Dang Hyang Nirartha untuk menjaga Bali dari arah enam angin. Selain itu, pura ini juga terkenal dengan habitatnya yang beragam, termasuk kera yang sering ditemui di sekitar area pura.

Meskipun Pura Uluwatu secara historis memiliki nilai spiritual dan budaya yang besar, dalam beberapa tahun terakhir, tempat ini juga telah menjadi salah satu atraksi wisata terkenal di Bali, menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia untuk menikmati keindahannya.

Written by

Wisatabaliku.com menghadirkan berbagai macam informasi lengkap mengenai paket tour Bali. Di situs ini, semua rincian yang berhubungan dengan paket tour group ke Bali & keluarga telah disajikan lewat menu-menu yang sederhana dan inovatif.

Costumer Service 24 Jam

Live Chat
WA 081803893550 online 24 hours

Jl. Pulau Singkep No.12 C, Pedungan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 08222

Contact Us

If you have any questions, please contact us.